Blog Nur Wahyu

Nur Wahyu's world

Popular Posts





Minggu, 16 Oktober 2011

Meksiko Kenalkan Pencakar Bumi

          MEXICO CITY – Umumnya orang lebih bangga ketika membangungedungpencakarlangit. Di Meksiko,adaorangyanglebih bangga ketika merancang gedung pencakar bumi. Gedung yang akan dibangun ini justru terpendam ke bumi dengan bentuk piramida terbalik.
          Gedung piramida terbalik itu akan terbenam sedalam 300 meter di bawah permukaan tanah Mexico City. Gedung itu terdiri atas 65 lantai, didesain khusus untuk mengurangi jumlah bangunan pencakar langit di kota itu. Dengan struktur piramida terbalik gedung ini menembus tanah di ibu kota Meksiko. Siapa pun yang menempati gedung tersebut akan merasakan pengalaman baru tinggal di lubang bumi.
          Gedung pencakar bumi itu diperuntukkan sebagai tempat tinggal, pusat perbelanjaan, dan sebuah museum. Ada 35 lantai untuk perkantoran. Gedung itu ditutupi kaca seluas 240 meter persegi untuk menyaring cahaya alami dari matahari.
          Dalam desain gedung itu dipasangi bendera Meksiko. Perancang gedung piramida terbalik, Esteban Suarez dari BNKR Arquitectura, mengklaim bangunan itu juga akan menjadi pusat budaya baru.Ide rancangan gedung ini muncul karena sulitnya mencari lahan kosong di Mexico City. Padahal, kota ini masih membutuhkan infrastruktur, kantor, ritel, dan ruang tinggal baru. “Hukum federal melarang menghancurkan gedung-gedung bersejarah dan peraturan batas ketinggian struktur baru hanya sampai delapan lantai, keluhnya seperti dikutipThe Sun.
          Menurut Suarez, pusat sejarah kota dalam kondisi yang mengkhawatirkan dan perlu ditata ulang.Tapi semua pihak bingung di mana menempatkan berbagai benda bersejarah. Karena itulah muncul gagasan membangun gedung menembus bumi. Gedung pencakar bumi mampu menyelamatkan ikon taman kota dan memberikan struktur hierarki yang berbeda dengan gedung-gedung di sekitarnya.
          Suarez menjamin tidak akan ada hambatan dalam hal pencahayaan. Dia menegaskan, semua orang akan mendapatkan pencahayaan yang cukup dan fasilitas ventilasi udara yang sehat.dengan atap kaca semua penghuni gedung pencakar bumi mengetahui apa yang terjadi di atas,uturnya.
Menariknya, gedung piramida terbalik itu juga bakal dimanfaatkan untuk konser musik dan parade militer. Berbagai pameran seni juga bakal digelar di gedung unik ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Gold price


gold price charts provided by goldprice.org