Blog Nur Wahyu

Nur Wahyu's world

Popular Posts





Sabtu, 16 Mei 2015

Kebiasaan Ini Bisa Bikin Perut Kembung

Kebiasaan tersebut jarang disadari.

Kebiasaan Ini Bisa Bikin Perut Kembung
gambaran gemuk
Mengalami gangguan pada perut, adalah salah satu hal yang dapat merusak mood untuk berkegiatan. Salah satunya ialah perut kembung. Buncit, atau kembung pada perut bisa mengganggu penampilan dan menyulitkan Anda dalam berpakaian.

Hal ini tentunya menjadi momok paling mengerikan bagi beberapa orang, terutama kaum wanita. Namun, banyak sekali orang yang tanpa disengaja, melakukan kebiasaan yang ternyata bisa membuat perut menjadi kembung. Penasaran?

Perut kembung, dapat terjadi karena adanya peningkatan air atau udara di dalam lambung. Hal ini dapat membuat perut akan mengembung dan lebih besar dari ukuran normal. Beberapa kebiasaan, ternyata secara mengejutkan dapat menyebabkan meningkatkan kadar udara dalam lambung, yang lama kelamaan dapat menyebabkan kembung.

Hal ini dinyatakan oleh Patricia Raymond, MD, seorang gastroenterologi dari Virginia Medical School.

"Jika Anda memiliki kebiasaan minum dengan menggunakan sedotan, maka buncit tak usah jadi pikiran," ungkapnya.
Ia mengatakan bahwa minum menggunakan sedotan mampu menekan jumlah udara yang masuk dan menjauhkan kita dari perut buncit. Patricia juga mengungkapkan, beberapa kebiasaan yang tidak terpikirkan oleh kita, ternyata bisa menyebabkan buncit.

Dikutip dari Huffington Post, salah satu kebiasaan tersebut berasal dari permen karet. "Mengunyah, apalagi membuat gelembung dari permen karet, sedikit demi sedikit bisa menumpuk kadar udara dalam perut, yang bisa menyebabkan buncit," ungkap Patricia.

Udara berlebih yang terkumpul dalam gelembung permen karet akan masuk ke dalam tubuh dan berkumpul di lambung, yang akan membuat perut menjadi kembung.

Selain itu, kebiasaan yang juga bisa menyebabkan masuknya udara berlebih yang memicu kembung ialah mengemut permen yang keras (lolipop). Aktivitas mengulum atau mengemut, setidaknya melibatkan udara dari luar mulut yang kemudian dapat masuk dan berkeliaran di daerah lambung. Udara berlebih ini, tanpa sadar akan menggembungkan perut dan memengaruhi penampilan Anda.

Patricia juga mengungkapkan, jika Anda tidak bijak dalam memilih makanan, semua asupan yang dikonsumsi juga bisa berkontribusi dalam terjadinya gangguan kembung dalam perut.

"Janganlah mengonsumsi makanan yang banyak mengandung gas seperti kol, durian, ataupun minuman bersoda," ujarnya.
Dampaknya masih baik, bila udara masih bisa keluar dari tubuh. Namun bila udara mengendap dan sulit keluar, maka yang akan terjadi adalah masalah pada kesehatan tubuh.

Hal yang terakhir, yang tanpa sadar juga bisa meningkatkan kemungkinan perut menjadi kembung ialah stres. Ya, stres yang terjadi pada seseorang, akan meningkatkan produksi udara dalam tubuhnya, sehingga dapat menyebabkan terjadinya perut buncit, kaki bengkak, hingga beberapa gangguan lainnya.

Selain itu, beberapa kebiasaan yang tanpa sadar dapat membuat perut buncit ialah di antaranya mengigit kuku dan merokok.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Gold price


gold price charts provided by goldprice.org