Blog Nur Wahyu

Nur Wahyu's world

Popular Posts





Minggu, 25 Maret 2012

Prancis: Penyidikan terhadap dugaan teror tersangka Qaeda koneksi al

Berwenang Perancis sedang menyelidiki apakah orang yang bertanggung jawab selama tiga serangan mematikan bertindak sendirian atau didukung oleh jaringan teroris.
Para radikal Islam telah ditandai oleh AS dan Perancis di masa lalu.
Pihak berwenang di Prancis pada hari Jumat sedang menyelidiki apakah atau tidak bertanggung jawab radikal Islam atas pembunuhan anak-anak sekolah Yahudi telah bertindak sendiri atau didukung oleh Al Qaeda, setelah kelompok ekstremis sedikit diketahui mengaku bertanggung jawab atas serangan tersebut.
Mohamed Merah tewas oleh polisi pada hari Kamis setelah pengepungan 32-jam gedung apartemennya di kota barat daya Toulouse. Merah ditembak di kepala saat ia mencoba melompat keluar dari jendela dalam kobaran tembakan, menurut polisi.
Warga negara 23-tahun Perancis asal Aljazair telah menembak mati tiga tentara awal bulan dan menewaskan tiga anak dan seorang guru di sebuah sekolah Yahudi, Senin. Merah mengaku telah menerima pelatihan dari al Qaeda di Afghanistan dan kubu militan dari Waziristan di Pakistan.
Para Islamis jelas kelompok Jund al-Khilafah mengeluarkan pernyataan yang menyatakan bertanggung jawab atas serangan, mengacu Merah sebagai "Yusuf dari Perancis," menurut SITE Intelligence Group, yang memonitor website Jihadis. Klaim tersebut tidak dapat secara independen dikonfirmasi.
Merah katanya meluncurkan serangan untuk membalas kematian Palestina dan menghukum Perancis untuk kehadiran militer di Afghanistan, menurut jaksa Francios Molins. Jaksa penuntut mengatakan bahwa Perancis Merah telah difilmkan ketiga serangan.
"Kau membunuh kakakku, aku membunuhmu," katanya dalam sebuah video dari serangan pertama, di mana satu penerjun payung Perancis tewas.
Ditandai oleh otoritas
Perjalanan Merah untuk Afghanistan dan Pakistan diketahui intelijen Prancis sebelum penembakan dan ia berada dalam daftar larangan terbang AS sejak 2010, yang melarang dia dari naik setiap penerbangan ke Amerika. Dia juga memiliki catatan kejahatan yang cukup di Perancis dan dilaporkan radikal sementara menjalani hukuman di penjara.
Perancis jaksa Molins mengatakan bahwa Merah telah pada suatu kesempatan ditangkap oleh polisi Afghanistan dan diserahkan kepada pasukan AS selama perjalanan ke wilayah tersebut.
"Orang dapat mengajukan pertanyaan apakah ada kegagalan atau tidak," kata Menteri Luar Negeri Prancis Alain Juppe pada radio Europe 1. "Kita perlu membawa kejelasan beberapa hal ini."
Polisi mengatakan bahwa ibu Merah, saudara dan pacar adiknya telah ditahan sebagai bagian dari penyelidikan. 29-tahun saudara Merah, Abdullah, telah dilaporkan dikaitkan dengan jaringan Islam Irak.
Presiden Prancis Nicolas Sarkozy, sementara itu, telah bersumpah untuk menumpas siapa saja yang pergi ke luar negeri "untuk tujuan indoktrinasi dalam ideologi teroris." Sarkozy juga memperingatkan terhadap menyalahkan masyarakat lima juta Muslim Perancis yang kuat atas serangan tersebut.
"Rekan-rekan Muslim kami tidak ada dengan motif gila seorang teroris," kata presiden Prancis, mencatat bahwa pasukan payung Muslim termasuk di antara mereka tewas.
SLK / pfd (AP, AFP) 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Gold price


gold price charts provided by goldprice.org