Blog Nur Wahyu

Nur Wahyu's world

Popular Posts





Kamis, 31 Desember 2015

Wanita yang Sulit Belajar Nyetir Mobil Lebih Berisiko Kena Alzheimer

Penyakit alzheimer berkaitan erat dengan menurunnya kemampuan otak untuk mengingat. Tal hanya itu, baru-baru ini disebutkan bahwa kemampuan berpikir dan bergerak secara bersamaan juga berkaitan dengan risiko alzheimer.

Peneliti di York University, Kanada, mengungkapkan bahwa wanita yang merasa kesulitan untuk berpikir dan bergerak pada saat yang sama berisiko lebih tinggi terkena alzheimer. Salah satu kegiatan harian yang membutuhkan koordinasi gerak dan berpikir secara bersamaan yakni menyetir mobil.

"Sebab, kami menemukan hubungan antara aktivitas yang dilakukan dan masalah komunikasi di antara bagian otak berbeda yang dapat mempromosikan kegiatan berpikir dan bergerak secara simultan," tutur ketua peneliti Kara Hawkins.

Baca juga: Pria Ini Kena Alzheimer di Usia Muda Karena Mutasi Gen Langka

Untuk studi ini, Hawkins dan koleganya melibatkan 30 wanita, di mana 10 orang berusia di awal 20 tahun dan sisanya berusia 50 tahun atau lebih. Setengah dari peserta memiliki risiko tinggi alzheimer. Hawkins dan timnya pun melakukan scan otak peserta.

"Tujuannya yakni untuk melihat apakah ada gangguan kinerja kognitif-motorik pada kelompok berisiko tinggi dengan perubahan otak di bagian atas dan bawah seiring terjadinya penuaan," terang Hawkins dalam laporannya di Journal of Alzheimer, dan dikutip pada Kamis (2/4/2015).

Peneliti lainnya, Profesor Lauren Sergio mengatakan ia dan timnya melihat hubungan kerusakan fungsi kabel otak ketika seseorang melakukan aktivitas yang memerlukan kesimultanan gerak dan berpikir. Hasilnya, dikatakan Prof Sergio, terdapat kegagalan komunikasi.

"Studi kami juga menunjukkan tugas berbasis komputer yang dilakukan peserta pelajar bisa menjadi peringatan dini untuk risiko alzheimer. Setidaknya, tes seperti ini layak untuk dijadikan pengganti tes pencitraan otak yang mungkin sulit dilakukan secara rutin," imbuh Prof Sergio.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Gold price


gold price charts provided by goldprice.org