Blog Nur Wahyu

Nur Wahyu's world

Popular Posts





Senin, 04 Mei 2015

Faedah Tertawa serta Humor untuk Kesehatan

Sahabatku, pembaca setia blog www.bacatips.com, saya doakan anda semoga selalu sehat dan semakin semangat menghadapi hidup. Ada motto, tertawalah anda sebelum tertawa itu dilarang". Kali ini tentang Faedah Tertawa serta Humor untuk Kesehatan. Apa ada ya suatu saat nanti tertawa dilarang ? Maksudnya dilarang oleh aturan pemerintah Indonesia gitu. Gawat juga, semoga tidak terjadi sama sekali seumur hidup manusia. Karena kalau tertawa itu dilarang, maka dampaknya bisa menurunkan kesehatan kita sebagai manusia. Masak hanya ayam ketawa saja yang bisa tertawa renyah setiap pagi membangunkanku untuk shalat shubuh.

Menurut penelitian, anak umur Balita rata-rata tertawa hingga 150 kali satu hari, sedang seorang yang berumur 50 th. hanya tertawa 5 kali satu hari. Penurunan frekwensi tertawa ini berlangsung dengan cara perlahan-lahan serta bertahap. Seorang condong jadi lebih serius mendekati remaja serta bahkan juga jauh jadi lebih serius lagi waktu beranjak dewasa serta jadi tua. Sebenarnya kesusahan serta desakan kehidupanlah yang terkadang memaksa kita untuk mengerutkan kening serta lupa melatih otak mulut untuk tertawa.  Susah dan gelisah dalam hidup kerap mengakibatkan kita lesu serta hadapi hari-hari dengan muka masam, situasi jadi semakin kronis waktu kita terjerat dalam desakan stres serta tak akan dapat lagi lihat segi lucu dari kehidupan yang tengah kita lakoni itu hingga jadi kehilangan keceriaan. Terasa telah waktunya kita dapat belajar sedikit melihat kehidupan ini dengan mata kanak-kanak dan memberikan sedikit humor dalam situasi-situasi susah yang dihadapi hingga dapat tertawa serta sesaat melupakan desakan kehidupan dari hari-hari yang anda lewati. 
 
Untuk bikin anda tertawa tidak selamanya dibutuhkan tontonan komedi atau cerita-cerita lucu. Bahkan dalam beberapa hal kecil yang terjadi tiap hari kerap menyuguhkan komedi kehidupan yang memancing tawa. Saat-saat saya basah kuyup terjerat hujan dalam perjalanan ke kantor umpamanya, dari pada stres memikirkan omelan bos lantaran saya datang terlambat, saya lebih sukai memikirkan kelucuan-kelucuan saat kecil dahulu waktu mencuri buku di perpustakaan lalu dijemur di halaman sekolah bersama 5 orang temanku yang lain. Atau ketika makan jagung bakar bersama orang tua lalu tanpa saya dua saya mengeluarkan angin dengan sangat nyaring, duuuuut... He he...

Apa saja Manfaat Tertawa Bagi Kesehatan Anda ? Berikut penjelasannya untuk anda

Ketika anda tertawa, Inilah sistem biologis yang berlangsung. Waktu seorang tertawa cairan getah bening bakal menebar ke semua badan lantaran ledakan tawa yang anda alami. Hal semacam ini bisa hingga menambah manfaat kekebalan badan serta menolong keluarkan limbah yg tidak dibutuhkan dari jaringan serta organ badan. Kerena jaringan getah benih tak mempunyai pompa untuk mengeluarkannya, badan mesti selalu bergerak untuk mengedarkan cairan getah bening itu agar system imunitas badan kita dapat berperan dengan cara alami. Gerakan badan serta otot kita waktu tertawa yaitu salah satu langkah yang efisien untuk menggerakkan mekanisme tersebut 

Lalu, Tertawa juga tingkatkan konsumsi oksigen pada tiap-tiap jaringan serta organ badan. Itu adalah Faedah yang ke-2. Waktu tertawa ada beberapa besar oksigen yang terserap masuk ke pada badan serta sistem peredaran oksigen itu selalu terulang selaras dengan tawa anda. Inilah faedah alami yang dapat didapat saat-saat kita tertawa. Tak mengherankan, meskipun oksigen bisa didapat dengan cara gratis di alam bebas, namun lantaran tingkat polusi di perkotaan yang makin akut, banyak perusahaan yang jual minuman ber-oksigen dengan beragam merk serta paket. Lantas, apa sebenarnya sih faedah oksigen itu???. Oksigen adalah katalisator paling utama yang diperlukan oleh badan. Kita menghisap oksigen serta keluarkan karbon dioksida. Jadi oksigen itu adalah salah satu elemen yang sangatlah dibutuhkan untuk keberlangsungan hidup manusia.  Sahabatku yang berbahagia, Yg tidak kalah mempesona, nyatanya sebagian sel kanker dapat juga dihancurkan dengan konsumsi oksigen yang cukup. Jadi besar konsumsi oksigen lewat tertawa dapat juga berguna untuk melenyapkan banyak type parasit serta bakteri yang ‘bercokol’ pada badan. 

Adapun sebagian faedah lainnya dari tertawa untuk kesehatan adalah dapat menurunkan desakan darah, Melatih otot perut, rongga dada, leher, bahu, muka serta kulit kepala, Menguatkan ketahanan badan, turunkan hormon penyebab stres serta tingkatkan antibodi, Tingkatkan kwalitas pernapasan, Mengalihkan emosi negativ, Merubah persepsi kita perihal beban hidup yang berat, Tingkatkan daya serta vitalitas, Bikin kita terasa tambah baik. 

Lalu, apa Manfaat Humor dalam Berkomunikasi dan Interaksi Sosial ? Sahabatku, jangan ke mana-mana, admin akan menjelaskannya untuk anda.

Humor dapat Meredam Perselisihan, Menangkis serta mengalihkan kritik, Kurangi kemelut dalam satu hubungan, Tingkatkan semangat juang, Mengemukakan pesan-pesan susah dengan mudah, Membina jalinan yang lebih baik, Bikin lawan bicara lebih rilek serta lebih gampang terima pesan yang di sampaikan, Bikin info yang di sampaikan lebih gampang diingat, Mengalihkan lawan bicara dari alasan yang bertentangan, Mengingat demikian banyak faedah tertawa serta humor untuk kesehatan serta jalinan sosial, telah waktunya kita mulai semakin banyak tertawa serta memberikan sedikit humor dalam komunikasi kita. Dan saya yakin masih banyak sekali manfaat tertawa dan humor dari berbagai macam segi. Kalau anda punya, jangan lupa share ya.

Ada lagi sahabatku yang setia, Presiden kita yang pertama Bung Karno dan Wakilnya Bung Hatta, pernah terjadi ketegangan hubungan antar mereka berdua, karena perbedaan pandangan tentang suatu hal. Saya sendiri kurang tahu jelasnya, saya hanya mendengar cerita nya dari seorang guru. Katanya, suatu ketika pernah terjadi debat yang sengit dalam sebuah rapat kenegaraan. Tapi setelah rapat selesai di ruang makan mereka berdua tetap tertawa-tawa seakan sudah lupa apa yang terjadi sebelumnya. Jadi benar keterangan di atas bahwa tertawa dapat Meredam Perselisihan. Perselisihan setegang apapun akan segera redam dengan tertawa lucu. Saya jadi ingat pada Almarhum Gus Dur, Presiden kita yang ke 4. Dalam situasi Indonesia yang krisis di dalam berbagi dimensi, masih saja beliau mengeluarkan kata-kata lucu yang membuat semua orang tertawa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Gold price


gold price charts provided by goldprice.org