Blog Nur Wahyu

Nur Wahyu's world

Popular Posts





Selasa, 05 Mei 2015

Bahaya Makan Telur Mentah

Di Indonesia makan telur mentah dijadikan kebiasaan yang seakan tidak boeh ditinggalkan. Tujuannya bisa macam-macam, mulai dari pengen sehat dan tidak cepat capek bila bekerja, ada juga para pengantin baru laki-laki supaya bisa memberikan suasana harmonis pada malam pertama dll. Jadi telur mentah dimanfaatkan untuk segala tujuan tadi.

Terlepas dari keyakinan masyarakat kita di Indonesia, ternyata sebuah penelitian memberikan kesimpulan yang sangat kontroversial. Yaitu bahwa di dalam telur mentah terdapat sebuah bakteri yang tidak boleh tidak wajib kita hindari. Namanya Bakteri Salmonella. Walau masih banyak perbedaan pendapat dengan bakteri ini paling tidak kita harus hati-hati, karena ia bisa menjadi masalah serius bagi kesehatan.



Menurut penelitian tersebut, seperti yang dikutip dari Vemale, Bakteri Salmonella bisa berpengaruh buruk pada kehamilan juga si jabanga bayi, bisa mengakibatkan diare, terkena serangan pada usus, dehidrasi, bahkan bisa menyebabkan kematian. Maka dari itu penting sekali bagi kita mengetahui cara mencegah bakteri Salmonella dari telur tadi. Berikut caranya :

  • Cuci dan bersihkan telur yang anda beli dari sisa kotoran ayam dan  masukkan ke lemari es.
  • Ketika telur disimpan di lemari es sebaiknya jangan lebih dari 4 minggu.
  • Untuk membunuh bakteri Salmonella terlebih dahulu masak telur hingga matang, jadi sajikan telur yang sudah matang.
  • Simpan telur setelah direbus di lemari es jika akan menunda untuk memakannya.
  • Jika anda akan membuat resep-resep masakan atau kue yang tidak boleh tidak harus menggunakan telur yang mentah, maka direkomendasikan mengambil telur yang telah melalui proses pasteurisasi atau pengawetan hingga membuat telur lebih tahan lama. Karena bakteri Salmonella akan mati di dalam temperatur tinggi.
  • Jangan sampai anda membeli telur dengan kulit yang retak-retak serta rusak karena bakteri pada telur yang cangkangnya rusak akan cepat berpindah
Dan yang terpenting adalah mengecek apakah telur layak untuk dikonsumsi atau tidak. Caranya ambil sebuah baskom berisi air lalu masukkan telur. Jika telur tersebut mengambang maka berarti ia tidak layak untuk dikonsumsi dan jika tenggelam maka telur itu masih bagus untuk dimakan.

Mencegah adalah lebih baik dari pada mengobati. Mengecek terlebih dahulu telur yang akan dikonsumsi sangat bijaksana dan insya Allah akan membuat anda selamat dari pengaruh buruk telur mentah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Gold price


gold price charts provided by goldprice.org