Blog Nur Wahyu

Nur Wahyu's world

Popular Posts





Minggu, 03 Mei 2015

Cara Mengatasi Gusi Berdarah Secara Alami

Gusi berdarah, banyak orang mengalaminya tapi tak terlalu diperhatikan. Padahal gusi berdarah bisa menjadi masalah yang serius jika diabaikan. Penyabab gusi berdarah biasanya karena penghapusan plak gigi yang salah pada garis gusi. Dengan begitu gusi atau gingivitis meradang.
Oleh sebab itu solusinya kita harus menghilangkan plak pada gigi secara teratur dengan sikat gigi. Jika tidak dihilangkan maka lama kelamaan dapat mengakibatkan pendarahan. Bahkan yang lebih parah bisa terjadi penyakit rahang dan gusi atau periodontitis.

Kenali 11 Penyebab Gusi Berdarah

Gusi berdarah tidak hanya disebabkan oleh karies atau karang gigi saja. Ada beberapa penyebab lain kenapa gusi bisa berdarah. Berikut 11 penyebab gusi berdarah:
  1. Infeksi bakteri, jamur atau virus
  2. Adanya gangguan pendarahan lain
  3. Menyikat gigi terlalu keras
  4. Perubahan hormon selama hamil
  5. Idiopathic Thrombocytopenic Purpura (ITP) yaitu penyakit darah yang tidak cukup memiliki sel darah merah
  6. Pemasangan gigi palsu tidak pas
  7. Flossing yang tidak sesuai, yaitu pembersihan plak dan sisa makanan pada gigi dengan benang gigi
  8. Infeksi yang terjadi pada gigi dan gusi
  9. Penyakit Leukimia
  10. Penggunaan pengencer darah
  11. Kekurangan vitamin K

9 Cara Atasi Gusi Berdarah Secara Alami

Jangan meremehkan penyakit ini, jika tidak diatasi segera, gusi berdarah bisa berakibat penyakit yang lebih serius. Sebenarnya kita bisa menghindari gusi berdarah dengan mewaspadai 11 penyebab gusi berdarah yang sudah disebutkan sebelumnya. Akan tetapi jika gusi Anda terlanjur berdarah maka harus diatasi dengan bahan-bahan alami berikut ini:
1. Lemon
Potong lemon melintang lalu peras sehingga keluar airnya. Kumurlah dengan air perasan lemon tersebut secara rutin. Lakukan setiap hari 2 hingga 3 kali.
2. Daun Sirih
Rebus dua gelas air beserta daun sirih dengan kunyit dan sedikit garam. Kumurlah menggunakan air rebusan yang telah didinginkan untuk mengatasi gusi berdarah.
3. Minyak Cengkeh
Minyak cengkeh dicampur minyak zaitun kemudian langsung dioleskan pada gusi yang berdarah. Berbandingan minyak cengkeh dan zaitun adalah 1 : 1
4. Kapur Sirih
Caranya rebus kapur sirih sebanyak 1 sendok, lalu tambahkan daun jarak 5 lembar. Tambahkan air 4 gelas. Kumurlah dengan air rebusan tadi setelah dingin.
5. Buah Stroberi
Buatlah jus stroberi untuk mengatasi gusi berdarah. Blender buah asam tersebut tambahkan dengan air perasan jeruk lemon untuk hasil maksimal. Oleskan pasta stroberi yang sudah diblender pada gusi berdarah sebagai pasta gigi.
6. Minyak Kelapa
Minyak kelapa atau yang biasa dikenal dengan VCO (Virgin Coconut Oil) merupakan salah satu bahan alami untuk mengatasi gusi berdarah. Anda hanya tinggal mengoleskannya saja VCO pada gusi.
7. Bawang Putih
Bumbu wajib pada masakan ini juga dapat mengatasi gusi berdarah sebab bawang putih memiliki antibiotik yang bagus untuk mengatasi infeksi gusi.
8. Air Garam
Kumurlah menggunakan air garam beberapa kali dalam sehari. Campurkan dengan air hangat agar nyaman dijadikan obat kumur.
9. Tawas
Campurkan 300 cc air (kurang lebih satu gelas lebih sedikit) dengan 10 gram tawas. Gunakan air tawas tersebut untuk berkumur.
Demikian 9 cara mengatasi gusi berdarah secara alami menggunakan bahan-bahan yang bisa kita dapat dengan mudah. Jika Anda telah menggunakan bahan-bahan tersebut dan hasilnya kurang memuaskan maka segeralah ambil tindakan ke dokter gigi. Konsultasikan keluhan yang Anda alami sedetail-detailnya untuk mendapatkan solusi yang tepat. Sebelum terlanjur, jaga selalu kesehatan mulut kita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Gold price


gold price charts provided by goldprice.org