Blog Nur Wahyu

Nur Wahyu's world

Popular Posts





Rabu, 06 Mei 2015

Tujuh Kebiasan yang Dapat Sebabkan Keracunan

Keracunan dapat terjadi akibat kebiasaan-kebiasaan yang kurang baik.

7 Kebiasan yang Dapat Menyebabkan KeracunanKeracunan pada umumnya terjadi karena kesalahan dalam mengkonsumsi makanan. Baik makanan kadaluarsa atau memang makanan yang mengandung racun. Namun ternyata, selain karena faktor makanan tersebut, keracunan juga dapat terjadi akibat dari kebiasaan-kebiasaan kurang baik yang tidak kita sadari. Kebiasaan yang terlihat sepele namun berpotensi menyebabkan keracunan. Setidaknya ada tujuh kebiasaan yang dapat menyebabkan keracunan yang tidak kita sadari. Berikut ini tujuh kebiasaan tersebut. 
1. Mencuci tangan 
Biasanya kita hanya mencuci tangan sebelum dan sesudah makan. Ternyata kebiasaan ini tidak cukup bagi ibu rumah tangga yang memasak. Sebaiknya cuci tangan sebelum dan sesudah mengolah makanan juga. Jangan lupa untuk selalu menggunakan sabun tiap kali cuci tangan. Hal ini berguna untuk menghindari bakteri dari bahan makanan yang belum diolah. 
2. Menyentuh hewan kesayangan
Memiliki hewan kesayangan bukanlah hal yang salah. Namun, sebaiknya hindari menyentuh hewan peliharaan kesayangan Anda itu sebelum mengolah makanan atau sebelum makan. Hewan peliharaan menyimpan berbagai macam kuman dan bakteri yang dapat menyebabkan keracunan. Setelah menyentuh hewan peliharaan sebaiknya cuci tangan dengan menggunakan sabun. Jika tidak maka hindari menyentuhnya sebelum memasak dan sebelum makan.
3. Mencuci pisau dan atau talenan 
Sebaiknya jangan langsung menggunakan pisau dan talenan bekas memotong atau mengolah daging untuk memotong sayuran tanpa dicuci menggunakan sabun terlbih dahulu. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi adanya kontaminasi silang antara daging dan sayuran. 
4. Meletakkan bahan mentah dengan makanan matang
Kebiasaan ini merupakan hal yang paling sering ditemui. Hindari kebiasaan meletakkan bahan makanan mentah dan makanan yang sudah matang secara bersebelahan. Meskipun terlihat praktis namun menyimpan potensi kontaminasi silang antara keduanya. Hindari juga hal seperti ini ketika menyimpan di lemari es. Sebaiknya gunakan penutup yang rapat agar tidak terkontaminasi. 
5. Mencuci spon pencuci 
Spon pencuci piring ternyata merupakan media yang sangat cocok untuk bakteri berkembang biak. Oleh karena itu, biasakan untuk mencuci spon pencuci tersebut hingga bersih setelah digunakan. Seabaiknya keringkan atau angin-anginkan agar tidak dalam keadaan lembab secara terus menerus. 
6. Gunakan sendok berbeda untuk sayur atau lauk. 
Menggunakan sendok yang berbeda merupakan cara terbaik untuk menghindari kontaminasi silang antara makanan satu dan lainnya. Kita tak pernah tahu makanan mana yang berpotensi membahayakan kesehatan, Selain itu, kebiasaan ini juga cara untuk menjaga rasa makanan tetap enak tak terpengaruh rasa makanan lain. 
7. Membersihkan lemari es seminggu sekali 
Lemari es merupakan tempat berkumpulnya seluruh makanan. Bahkan, ada yang dari bahan mentah, bahan masak, berbentuk cair, padat dan lain sebagainya. Hal ini tentu sangat berpotensi besar menyebabkan keracunan jika tak sering dibersihkan. Oleh karena itu, jika penyimpanan Anda masih berantakan sebaiknya bersihkan lemari es seminggu sekali untuk menjaga makanan tetap higienis. 
Kebiasaan-kebiasaan sepele yang tidak kita sadari kadang bisa menjadi berbahaya bagi diri kita. Oleh karena itu, waspada dengan mengantisipasinya jauh lebih baik daripada terkena akibatnya. Jaga kebiasaan dan gaya hidup kita sehari-hari dengan baik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Gold price


gold price charts provided by goldprice.org