Blog Nur Wahyu

Nur Wahyu's world

Popular Posts





Senin, 20 April 2015

5 Tips Membuat Pembeli Setia ke Toko Online Anda

1. Berikan Kesan Pertama yang Baik

Kesan pembeli saat pertama kali berbelanja di toko online Anda sudah pasti menentukan apakah pembeli tersebut akan kembali lagi untuk membeli atau tidak di toko online Anda. Oleh karena itu, berikan pelayanan terbaik yang bisa Anda berikan dan buat pembeli merasa nyaman saat melakukan transaksi jual-beli online di toko Anda. Kesan pertama yang baik disini meliputi: bagaimana sikap Anda saat melayani pertanyaan-pertanyaan calon pembeli; kecepatan saat memproses pesanan; kualitas produk yang Anda jual; dan kesesuaian antara produk asli dengan foto produk.
Jika mereka merasa nyaman saat berbelanja di toko Anda, maka suatu saat nanti mereka pasti akan kembali lagi untuk membeli. Begitu pula sebaliknya, jika kesan pertama berbelanja sudah jelek, maka jangan harap mereka akan kembali ke toko online Anda dan menjadi pelanggan yang setia.
2. Bersikap Komunikatif Kepada Pembeli

Saat pesanan yang Anda kirimkan sudah diterima oleh pembeli, tanyakanlah apakah ia mengalami kesulitan saat akan menggunakan produk tersebut, apakah ia puas dengan produk tersebut dan sebagainya. Selain membuat pembeli merasa lebih dihargai dan dipedulikan, pertanyaan-pertanyaan tersebut juga bisa dijadikan sebagai bahan masukan untuk lebih mengembangkan toko online Anda. Hal ini juga akan memberi image positif terhadap Anda sebagai penjual online yang bukan hanya mengejar keuntungan semata, tapi juga memperhatikan kepuasan pembeli.
Selain itu, jika Anda tidak bisa segera memproses pesanan, segeralah komunikasikan hal tersebut kepada pembeli yang bersangkutan. Jangan sampai pembeli menunggu terlalu lama hingga pesanan diproses, tanpa adanya kabar dari Anda.
3. Berikan Bonus atau Diskon

Siapa sih yang tidak senang mendapat bonus atau diskon :-D Semua orang pastinya senang diberi bonus, termasuk juga pembeli online. Untuk menarik lebih banyak pembeli yang setia untuk berbelanja di toko online Anda, tidak ada salahnya sesekali memberikan bonus kepada pembeli yang baru pertama kali berbelanja ataupun kepada pelanggan lama. Anda juga bisa melihat momen-momen tertentu untuk pemberian bonus dan diskon, misalnya saat menjelang Hari Raya atau Tahun Baru. Bonus dan diskon tentunya akan membuat pembeli pertama menjadi setia dan pembeli yang sudah setia menjadi lebih setia lagi. Sebagai contoh: Kaos BIG SALE!! di Kaos Distro Aja
4. Minta Pembeli Sebelumnya untuk Memberikan Review

Review atau testimoni menjadi salah satu bagian terpenting dari suatu toko online. Bahkan bisa dibilang, review menggambarkan image toko yang bersangkutan. Nah untuk menggaet pembeli-pembeli baru, Anda bisa meminta pembeli yang sebelumnya sudah merasakan kenyamanan saat berbelanja di toko online Anda, untuk memberikan review yang positif terkait dengan pelayanan dan kualitas produk yang dibelinya. Dengan membaca review yang positif dari pembeli lain, calon pembeli tentunya tidak segan untuk berbelanja di toko Anda. Dan mungkin saja orang tersebut sangat potensial untuk menjadi pembeli yang setia ;-)
5. Tawarkan Menjadi Reseller

Dropshipper atau reseller bisa menjadi sumber penghasilan yang sangat potensial untuk toko online Anda. Maka dari itu, Anda bisa menawarkan pembeli yang sudah pernah berbelanja dan merasakan sendiri kenyamanan berbelanja di toko online Anda, untuk menjadi reseller. Supaya mereka lebih tertarik, jangan lupa jelaskan keuntungan-keuntungan apa saja yang akan mereka dapatkan menjadi reseller, misalkan harga yang jauh lebih murah atau bonus yang akan diberikan setiap pembelian minimal. Jika mereka tertarik untuk menjadi reseller, tentunya pelanggan setia toko online Anda juga akan bertambah.
Tips-tips diatas sangat mudah untuk diterapkan bukan? Semoga kelima tips tersebut bisa bermanfaat dalam meningkatkan penjualan dan bisa membuat Anda mendapatkan lebih banyak pembeli yang setia. Selamat mencoba!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Gold price


gold price charts provided by goldprice.org