1. Berikan Kesan Pertama yang Baik
Kesan pembeli saat pertama kali berbelanja di toko online Anda sudah
pasti menentukan apakah pembeli tersebut akan kembali lagi untuk membeli
atau tidak di toko online Anda. Oleh karena itu, berikan pelayanan
terbaik yang bisa Anda berikan dan buat pembeli merasa nyaman saat
melakukan transaksi jual-beli online di toko Anda. Kesan pertama yang
baik disini meliputi: bagaimana sikap Anda saat melayani
pertanyaan-pertanyaan calon pembeli; kecepatan saat memproses pesanan;
kualitas produk yang Anda jual; dan kesesuaian antara produk asli dengan
foto produk.
Jika mereka merasa nyaman saat berbelanja di toko Anda, maka suatu
saat nanti mereka pasti akan kembali lagi untuk membeli. Begitu pula
sebaliknya, jika kesan pertama berbelanja sudah jelek, maka jangan harap
mereka akan kembali ke toko online Anda dan menjadi pelanggan yang
setia.
2. Bersikap Komunikatif Kepada Pembeli
Saat pesanan yang Anda kirimkan sudah diterima oleh pembeli,
tanyakanlah apakah ia mengalami kesulitan saat akan menggunakan produk
tersebut, apakah ia puas dengan produk tersebut dan sebagainya. Selain
membuat pembeli merasa lebih dihargai dan dipedulikan,
pertanyaan-pertanyaan tersebut juga bisa dijadikan sebagai bahan masukan
untuk lebih mengembangkan toko online Anda. Hal ini juga akan memberi
image positif terhadap Anda sebagai penjual online yang bukan hanya
mengejar keuntungan semata, tapi juga memperhatikan kepuasan pembeli.
Selain itu, jika Anda tidak bisa segera memproses pesanan, segeralah
komunikasikan hal tersebut kepada pembeli yang bersangkutan. Jangan
sampai pembeli menunggu terlalu lama hingga pesanan diproses, tanpa
adanya kabar dari Anda.
3. Berikan Bonus atau Diskon
Siapa sih yang tidak senang mendapat bonus atau diskon
Semua orang pastinya senang diberi bonus, termasuk juga pembeli online.
Untuk menarik lebih banyak pembeli yang setia untuk berbelanja di toko
online Anda, tidak ada salahnya sesekali memberikan bonus kepada pembeli
yang baru pertama kali berbelanja ataupun kepada pelanggan lama. Anda
juga bisa melihat momen-momen tertentu untuk pemberian bonus dan diskon,
misalnya saat menjelang Hari Raya atau Tahun Baru. Bonus dan diskon
tentunya akan membuat pembeli pertama menjadi setia dan pembeli yang
sudah setia menjadi lebih setia lagi. Sebagai contoh: Kaos BIG SALE!! di Kaos Distro Aja
4. Minta Pembeli Sebelumnya untuk Memberikan Review
Review
atau testimoni menjadi salah satu bagian terpenting dari suatu toko
online. Bahkan bisa dibilang, review menggambarkan image toko yang
bersangkutan. Nah untuk menggaet pembeli-pembeli baru, Anda bisa meminta
pembeli yang sebelumnya sudah merasakan kenyamanan saat berbelanja di
toko online Anda, untuk memberikan review yang positif terkait dengan
pelayanan dan kualitas produk yang dibelinya. Dengan membaca review yang
positif dari pembeli lain, calon pembeli tentunya tidak segan untuk
berbelanja di toko Anda. Dan mungkin saja orang tersebut sangat
potensial untuk menjadi pembeli yang setia
5. Tawarkan Menjadi Reseller
Dropshipper atau reseller bisa menjadi sumber penghasilan yang sangat
potensial untuk toko online Anda. Maka dari itu, Anda bisa menawarkan
pembeli yang sudah pernah berbelanja dan merasakan sendiri kenyamanan
berbelanja di toko online Anda, untuk menjadi reseller. Supaya mereka
lebih tertarik, jangan lupa jelaskan keuntungan-keuntungan apa saja yang
akan mereka dapatkan menjadi reseller, misalkan harga yang jauh lebih
murah atau bonus yang akan diberikan setiap pembelian minimal. Jika
mereka tertarik untuk menjadi reseller, tentunya pelanggan setia toko
online Anda juga akan bertambah.
Tips-tips diatas sangat mudah untuk diterapkan bukan? Semoga kelima
tips tersebut bisa bermanfaat dalam meningkatkan penjualan dan bisa
membuat Anda mendapatkan lebih banyak pembeli yang setia. Selamat
mencoba!
Tidak ada komentar:
Posting Komentar