9 Riset Dalam Membangun Toko Online
A. Riset Offline
Dalam Riset Offline, yang paling penting adalah produk harus bisa diterima oleh ekspedisi/jasa pengiriman. Artinya: liquid, pecah belah, senjata tajam, atau mesiu bukan merupakan pilihan yang tepat. Berikut adalah beberapa ketentuan Riset Offline lain yang harus Anda ketahui:1. Produk punya nilai ekonomi dari aspek lokasi
Artinya, harga barang saat sampai di kota tujuan minimal harus sama dengan harga jika membeli secara offline pada pasar lokal. Terutama bagi konsumen di dalam kota, ongkos kirim yang akan dibebankan pada calon pembeli tidak boleh lebih besar dari biaya jika pembeli berkeliling mencari produk tersebut sendiri.
2. Produk punya nilai ekslusifitas distribusi
Jangan menjual produk secara online jika produk tersebut sudah dijual di minimarket, atau gampang ditemukan.
3. Produk punya brand atau persepsi yang kuat di masyarakat
Jual produk yang sudah kenamaan/brand mereknya kuat memudahkan banyak hal, terutama kepercayaan calon pembeli terhadap kualitas barang.
4. Produk punya rentang antara harga eceran dan grosir
Anda akan lelah sendiri jika menjual produk yg margin keuntungannya kecil, sebab usaha Anda tidak sebanding dengan hasilnya.
5. Akses terhadap sumber produk yang mudah
Misalnya: produknya sudah bagus. Namun jika ternyata untuk mendapat produknya harus beli dulu ke daerah pedalaman, jauh dan sulit diakses, maka pertimbangkan kembali untuk menjualnya secara online.
6. Jaminan ketersediaan produk yang dijual dari supplier
Ketersediaan produk menjadi salah satu hal utama dalam bisnis toko online. Anda tentunya tidak ingin seal the deal dengan calon pembeli jika ternyata ketika produk tersebut akan dikirim, supplier menyatakan produk tersebut sudah kosong.
B. Riset Online
Produk yang akan Anda jual pada toko online Anda, minimal harus memenuhi setidaknya 2 dari 6 Riset Offline di atas. Setelah memastikan bahwa produk Anda lolos dari ketentuan Riset Offline, berikutnya lakukan Riset Online terhadap produk Anda. Prinsip utama dari Riset Online adalah apakah produk Anda DICARI di INTERNET? Caranya:1. Gunakan Google Keyword Tools untuk melihat tren pencarian di internet
Salah satu tools yg bisa Anda gunakan untuk Riset Online adalah Google Keyword Tools. Cek di sini
2. Lakukan searching terhadap produk Anda di google
Ketahui berapa banyak hasil pencarian yang muncul. Jika hasilnya sedikit, maka artinya produk Anda tidak lazim dijual di Internet. Terlalu unik rasanya juga kurang bagus. Namun hal ini tidak bisa hanya diputuskan melalui pencarian manual di Google saja. Cek juga tren keyword (melalui Keyword Tools pada langkah 1) untuk memastikan berapa banyak jumlah pencarian dengan keyword yang menggunakan produk Anda. Siapa tahu Anda hit the jackpot, artinya banyak yang mencari produk tersebut namun masih sedikit yang menjualnya.
3. Cari tahu apakah sudah ada yang menjual produk sejenis secara online, kemudian kunjungi & pelajari
Belajar dari produk saingan? Kenapa tidak. Atau ternyata jika Anda belum memiliki saingan, pastikan produk Anda sudah lolos dari metode-metode di atas. Kemudian optimislah terhadap produk Anda, mulailah menjual. Jadi pioner rasanya merupakan peluang yang cukup bagus.
Demikian riset yang selalu saya lakukan saat memulai sebuah toko online Kaos Distro Aja, yang merupakan bisnis kaos distro lokal dengan beragam pilihan desain serta Ready Stok!. Semoga tulisan ini bermanfaat untuk bisnis Anda. Bagi yang sudah menjalankan bisnis online, Anda juga bisa meriset ulang produk yg Anda jual melalui metode-metode di atas. Jika jualan sulit, salah satunya mungkin karena produk Anda tidak lolos dari hasil riset bisnis Online di atas. Selamat mencoba.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar