Blog Nur Wahyu

Nur Wahyu's world

Popular Posts





Sabtu, 02 Mei 2015

5 Tanda Obesitas yang Perlu Anda Tahu

Jika Anda mengalami salah satunya, barangkali sudah waktunya diet.

Menjaga berat badan ideal, bukan semata karena ingin penampilan menarik atau indah dipandang. Menjaga keseimbangan bobot badan kini harus dilakukan untuk melindungi tubuh dari beberapa gangguan kesehatan, salah satunya, obesitas. 

Mencegah datangnya obesitas, bukanlah hal yang mudah, namun bisa dimulai dengan mengenali gejala awalnya, apa saja? Berikut ulasannya, menurut Times of India.
5 Tanda Obesitas yang Perlu Anda Tahu
Ilustrasi obesitas

Napas pendek

Gejala awal dari obesitas, bisa diketahui dengan rasa sesak yang sering dirasakan ketika Anda melakukan aktivitas. Sesak tersebut bukan dikarenakan gangguan pernapasan, namun karena napas Anda menjadi lebih pendek dari biasanya. Napas pendek ini, disebabkan tumpukan lemak yang menghalagi peredaran udara di dalam tubuh, yang membuat napas pendek dan cenderung terengah-engah. Lakukan olahraga seperti renang, atau lari, dirasa mampu  memerkecil gejalanya.

Nyeri lutut

Tumpukan lemak yang berlebih dalam tubuh, akan membuat beban yang juga berlebih. Terutama pada bagian persendian kaki, seperti lutut. Hal ini akan menyebabkan rasa nyeri pada lutut saat berjalan atau berdiri lama. Dalam jangka panjang, beban tubuh juga akan bisa mengubah postur tubuh orang.

Mendengkur

Seseorang dengan obesitas, juga akan memiliki gangguan pada tidurnya, salah satunya meningkatnya intensitas seseorang untuk mendengkur. Mendengkur dapat disebabkan adanya lapisan tipis diantara leher dan tenggorokan yang mengeluarkan suara ketika Anda bernapas. Obesitas, akan memperbesar risiko Anda dalam terkena gangguan ini.

Tekanan darah tinggi

Memiliki bobot tubuh berlebih, selain memicu penyakit obesitas, juga bisa memberikan dampak lain yakni meningkatnya tekanan darah dalam tubuh. Obesitas dan tekanan darah yang tinggi, adalah kedua gangguan yang memiliki hubungan sebab akibat, yang juga bisa menyebabkan beberapa gangguan kesehatan lain seperti diabetes dan gangguan ginjal. 

Siklus haid tidak teratur

Obesitas juga dapat memengaruhi siklus menstruasi Anda. Hal ini terjadi karena obesitas memberikan risiko adanya gangguan pada sistem kerja ovarium Anda. Selain itu, obesitas juga bisa memengaruhi kerja hormon dalam tubuh, yang dapat membuat jadwal haid menjadi tak teratur.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Gold price


gold price charts provided by goldprice.org