Blog Nur Wahyu

Nur Wahyu's world

Popular Posts





Selasa, 31 Maret 2015

Rajin Cuci Tangan Jauhkan Anda dari Meningitis

Meningitis bisa dipicu bakteri yang masuk lewat tangan.


Rajin Cuci Tangan Jauhkan Anda dari Meningitis Meningitis, bisa terjadi karena berbagai hal. Menurut laman WebMd, terdapat dua faktor yang bisa menyebabkan terjadinya, yakni karena virus dan bakteri.

Menelisik salah satu penyebab meningitis, yakni bakteri, ini berarti banyak orang memiliki kemungkinan untuk menderita penyakit yang menyerang membran, lapisan pelindung otak ini. Untuk membicarakan lebih jauh mengenai hal ini, kami berhasil mengorek informasi dari dokter Aria Wibowo, dari laman Meetdoctor.

"Meningitis, bahkan bisa terjadi karena hal yang menurut beberapa orang sepele, yakni karena jarang mencuci tangan," ujar Aria.

Menurutnya, bakteri yang masuk ke dalam tubuh, bisa saja membawa kandungan dan menyebabkan penyakit beragam dalam tubuh. Beberapa penyakit yang berkaitan dengan sistim pencernaan, adalah salah satu penyakit yang sering terjadi, karena jarang mencuci tangan, namun dalam kasus yang paling parah, meningitis bisa mengancam jiwa.
"Dampaknya semakin buruk pada anak dan balita," tambah Aria.

Ia menjelaskan, pada usia-usia awal balita, yang sedang dalam masa pertumbuhan, akan merasakan ketidaknyamanan pada mulut dan giginya, yang akan membuatnya suka mengemut dan mengulum tangan sendiri.
Hal ini, memungkinkan masuknya segala jenis bakteri masuk ke dalam tubuh, sesuatu yang mendekatkannya dengan berbagai penyakit, salah satunya meningitis.

Peran orangtua, dalam hal ini sangat penting untuk menjaga dan mengawasi kebersihan tubuh, makanan, serta lingkungan buah hati, agar kemungkinan masuknya bakteri ke dalam tubuh bisa ditekan.

"Untuk balita, bisa menggunakan tisu basah, dan selalu libatkan air bersih dalam perawatannya. Sedangkan untuk anak-anak yang mulai dewasa, cobalah terapkan kebiasaan mencuci tangan sebelum dan sesudah makan, agar bakteri jauh dan tidak mengancam keselamatan," tutup Aria.

1 komentar:

Gold price


gold price charts provided by goldprice.org